Welcom to ekajayapu.blogspot.com

do not ever resign work

Kamis, Maret 12, 2009

THE ROLE OF KYAI HAJI MAS MANSUR IN MUHAMMADIYAH ( AS THE HEAD OF SUB DIVISION-THE CENTRE LEADER)

Hasil penelitian menunjukan bahwa Kyai Haji Mas Mansur dididik di Pesantren Salafiyah An-Najiyah Surabaya, kemudian ia lanjutkan di Pesantren Kademangan Madura, di Mekah dan ke Universitas Al-Azhar di Kairo.

Peran Kyai Haji Mas Mansur sebagai Ketua Muhammadiyah cabang Surabaya: mendirikan Madrasah Mufidah, membentuk organisasi Aisyiyah, mendirikan balai kesehatan, mendirikan Majlis Tarjih, menerapkan sistem pendidikan Barat dan agama Islam di pondok pesantren. Peran Kyai Haji Mas Mansur sebagai Ketua Pengurus Besar Muhammdiyah: membentuk Komisi Masjid, menerbitkan perangko amal, mendirikan bank Islam dan membuat 12 langkah Muhammadiyah.

Sumbangan Kyai Haji Mas Mansur bagi Muhammadiyah cabang Surabaya dalam pendidikan yaitu mengurangi rasio buta huruf, memodernkan pendidikan Islam dengan menerapkan sistem pendidikan Barat dan agama Islam, membentuk organisasi Aisyiyah, Majlis Tarjih dan membangun poliklinik. Sumbangan Kyai Haji Mas Mansur sebagai Ketua Pengurus Besar Muhammadiyah: mempererat persaudaraan lewat Komisi Masjid, menetapkan 12 langkah sebagai pedoman hidup, mempelopori khotbah Jumat dengan bahasa Indonesia dan shalat hari raya di lapangan, meningkatkan perekonomian umat Islam dengan membangun bank Mua’malah

Tidak ada komentar: