Welcom to ekajayapu.blogspot.com

do not ever resign work

Sabtu, Maret 14, 2009

Pendudukan Jepang di Kalimantan Barat

Beranjak dari pengebonan pangkalan militer Amerika Serikat Pear Harlbort oleh Jepang secara tidak langssung membuktikan Jepang adalah negara yang kuat di bidang militernya. Hal ini berdampak pada penguasaan Jepang terhadap negara-negara Asia Khususnya Indonesia. Alasan Jepang ingin menguasai Indonesia karena banyak memiliki bahan mentah yang dibutuhkan Jepang sebagai negara indutri pada abad ke-19. Salah satu daerah yang diduduki adalah Kalimantan Barat, salah satu sisi wilayah kalimantan merupakan tempat yang strategis dan dekat dengan jalur pelayaran dunia. Ketika tahun 1942 pertengahan Jepang sudah menanamkan pengaruhnya di kalimantan barat, penguasaan baik di bidang politik dimana rakyat Kalbar tidak boleh melanjutkan organisasi yang berbau kolonial dan harus dibubarkan. Di bidang ekonomi, masyarakt di wajibkan menyerahkan hasil pertanian dan harta benda untuk kepentingan perang Asia Raya yang di jadikan slogan Jepang yaitu Nippon cahaya Asia, Nippon Pelindung Asia dan Nippon Pemimpin Asia.
Dengan demikian rakyat Kalbar harus membantu Jepang dalam usaha memenagkan perang di Asia maupun belahan dunia lainnya. Kerugian harta benda yang dialami oleh rakyat ternyata berdampak pada perlawanan rakyat terhadap kebijakan Jepang. Banyak sekali perang secara gerilya yang dilakukan namun hal itu tidak banyak membawa pengaruh, justru korban berjatuhan di mana-mana dan ini terkenal dengan Peristiwa Mandor Perkembangan pada tahun 1945 awal Jepang merasaan tekanan dari bangsa Eropa yang tergabung dalam sekutu Amerika Serikat dan ini adalah perjalanan dari Perang Dunia II. Kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II merupakan kesempatan yang baik bagi rakyat Kalbar untuk memukul mundur Jepang dari tanah Borneo ini.
Persatuan antara suku yang ada diKalbar ternyata membawa dampak baik dimana Jepang dapat di kalahkan dengan perang dimenangkan oleh rakyat Kalbar. Setelah Jepang kalah tanpa syarat melawan tentara sekutu tindakan yang diambil oleh pemuda yaitu memproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada bulan November 1945.

Tidak ada komentar: